Menu

Escape Room

Harus Nonton 0
Tidak Tertarik 0

Seorang anak muda mencoba keluar dari ruangan permainan maut dengan kode-kode yang ia dapatkan sebelumnya, dengan sisa waktu yang sangat sedikit ia bersusah payah mencari pintu keluar. Itulah adegan awal pembuka dalam film Escape Room, para penonton langsung dibuat sesak nafas di awal sebagai pemanasan.

Adegan selanjutnya merupakan flashback untuk menjelaskan asal muasal sang pemuda itu sampai berada di tempat tersebut. Adalah enam orang yang tidak saling mengenal bertemu di suatu ruangan di sebuah gedung bertingkat, mereka yaitu Zoey (Taylor Russel), Amanda (Deborah Ann Woll), Ben (Logan Miller), Jason (Jay Ellis), Danny (Nik Dodani) dan yang terakhir Mike (Tyler Labine). Mereka ber enam datang dari kalangan berbeda, Jason yang seorang pekerja kantoran, Zoey yang masih seorang mahasiswa, Amanda yang mantan anggota angkatan perang dan yang lainnya.

Sebelumnya mereka semua mendapatkan paket dari Dr. Yoo Tan Wu berupa kubus yang sama dan info tentang hadiah sebesar $100.000 jika berhasil menenangkan permainan ini. Karena hal itulah mereka semua bertemu di ruangan ini. Ketika semuanya sudah berada diruangan, Ben iseng ingin keluar sebentar, tetapi gagang pintu rusak dan lepas dari pengaitnya, alhasil mereka semua terkunci di dalam ruangan tersebut. Zoey yang terlihat sangat terpelajar diantara mereka mencoba mencari-cari pintu keluar, dan ia menekan sebuah tombol, tetapi justru itulah awal dari permainan ini. Ruangan menjadi sangat panas seolah-olah mereka semua akan di panggang di ruangan tersebut, mereka pun saling bekerja sama untuk mendapatkan clue guna mencari tahu pintu keluar.

Dari sini pun kita sebagai penonton sudah mencoba menebak-nebak untuk adegan selanjutnya, mereka semua harus melalui tahap demi tahap di semua permainan yang pada akhirnya akan menemukan siapa yang selamat dan akan menjadi pemenangnya. Untuk ide cerita seperti ini memang sudah banyak dipakai di film-film lain. Yang paling lengket di ingatan kita tentang film seperti ini mungkin ada pada film SAW (walaupun adegan dalam film ini tidak sesadis seperti yang ada di film SAW).

Sang sutradara Adam Robitel yang sebelumnya sukses menggarap film Insidious: The Last Key (2018) dan sebagai penulis naskah Paranormal Activity: The Ghost Dimention (2015) menyajikan adegan-adegan yang sukses membuat kita tahan nafas beberapa kali dan jumpscare yang dihadirkan pun mampu membuat kita deg-degan layaknya menonton film horor. Sang sutradara lihai mengaduk-aduk emosi kita selama menonton film ini. Dan mungkin banyak dari kita yang akhirnya  salah menebak akhir dari film ini.

Di deretan pemain mungkin nama-nama Taylor Russel, Deborah Ann Woll, Logan Miller, Jay Ellis, Nik Dodani dan Tyler Labine masih terdengar asing di telinga kita (searching di IMDb untuk mengetahui film-film mereka sebelumnya). Tetapi hal itu bukan menjadikan alasan untuk sang sutradara merekrut mereka dalam project film ini. Akting dari kesemuanya pun terlihat mumpuni dan menjadikan film ini layak untuk ditonton.

back to top