Menu

Master Z: IP Man Legacy

Harus Nonton 0
Tidak Tertarik 0

Berbicara tentang Spin-off, kadang film itu bisa sukses dengan ceritanya yang berdiri sendiri, dengan kata lain salah satu tokoh dalam film terdahulunya dibuatkan film sendiri. Jika di franchise Fast & Furious ada Hobb and Shaw (rencana tayang 2019), Conjuring punya spin-off Annabelle yang bisa dibilang sukses mengikuti film utamanya, Indonesia pun punya spin-off dari AADC Universe yaitu Milly & Mamet yang juga sedang tayang di bioskop saat ini. Dan tentunya yang sedang ramai dibicarakan saat ini yaitu spin-off dari Transformers, Bumblebee yang masih tayang di bioskop.

Master Z: IP MAN Legacy adalah spin-off dari film IP MAN. jika diantara kalian ingat ada tokoh bernama Cheung Tin Chi (Jin Zhang) di film IP MAN terakhir (IP MAN 3) yang menantang sang IP MAN (Donnie Yen) untuk duel jurus Wing Chun, sang tokoh itulah yang kini menjadi tokoh utama di film ini.

Diceritakan Cheung Tin Chi mundur dari dunia persilatan setelah ia kalah telak dari sang IP MAN dengan hanya 1 jurus. Ia dan anaknya kini hidup layaknya seperti penduduk biasa dengan membuka sebuah toko. Pekerjaan sehari-harinya adalah mengantarkan barang-barang pesanan para pelanggan nya dan juga mengantar jemput anaknya bersekolah. Ketika ia dalam perjalanan pulang secara tidak sengaja ia melihat sebuah keributan, dan ia melihat seorang perempuan sedang dianiaya oleh sekumpulan pemuda, ia pun reflek membantu wanita tersebut dengan kemampuan bela diri yang ia miliki. Para pemuda tersebut pun mundur ketika dihajar oleh Master Cheung.

Usut punya usut, ternyata ketua dari sekumpulan pemuda tersebut adalah Tso Kit (Kevin Cheng) yang tidak lain adalah adik kandung dari Nyonya Tso Kwan atau Nyoya Ha (Michelle Yeoh) mereka adalah keluarga dari Gengster yang sangat terkenal di kota tersebut. Tso Kit tidak terima akan kekalahannya, ia pun mencari tahu kediaman Cheung Tin dan dengan anak buahnya ia membakar rumah sekaligus toko Cheung Tin tanpa sisa, tetapi untunglah Cheung Tin dan anaknya selamat dari insiden tersebut. Dan dari sinilah konflik film ini dimulai, pertentangan antara Cheung Tin dan keluarga Tso yang juga melibatkan polisi setempat.

Dalam film ini pun hadir aktor international Dave Bautista (Drax dalam Guardian of the Galaxy) yang berperan sebagai Owen Davidson sang pemilik Bar dalam lingkungan tersebut. sejak kemunculannya mungkin kita sudah menduga kalau sang aktor inilah musuh utama yang nantinya akan berduel dengan Cheung Tin. Dugaan itu pun tidak salah karena setelah pertemuannya dengan Tso Kit, Owen Davidson pun ikut terlibat dalam masalah yang ditimbulkan oleh Tso Kit yang pada akhirnya membawanya berselisih dengan Cheung Tin.

Action beladiri kungfu khas negeri timur yang dihadirkan mengingatkan kita akan film-film IP MAN sebelumnya, tanpa senjata tetapi duel dengan tangan kosong dan kadang dengan pedang ataupun samurai menjadikan pemandangan berantem ini enak dipandang mata. Sedikit menghilangkan kejenuhan kita yang selama ini disuguhi dengan visual action yang canggih khas era modern sekarang ini.

Sang IP MAN (Donnie yen) bertindak sebagai produser dalam film ini, dan ia hanya muncul sekilas ketika Cheung Tin flashback ke masa lalunya. Pakem dari film ini adalah tentang jurus Wing Chun yang dimiliki Cheung Tin yang sangat ingin ia keluarkan ketika menantang IP MAN. Apakah ia akan mengeluarkan jurus andalan itu dalam film ini ketika ber duel dengan musuh-musuhnya?!

back to top