Menu

Smallfoot

Harus Nonton 0
Tidak Tertarik 0

Tahun 2018 ini ada beberapa film Animasi yang menghiasi layar bioskop tanah air. Diantaranya: Sherlock Gnome, The Incredibles 2, Hotel Transylvania 3, dan Teen Titan Go! To The Movie. Mungkin tidak terlalu banyak karena masih dalam hitungan jari. Dan Smallfoot adalah film animasi ke dua dari rumah produksi Warner Bross Animation Pictures (yang juga memproduksi Teen Titan Go! To The Movie yang tayang beberapa waktu lalu) yang akan menghiasi layar bioskop bulan ini. Berbicara tentang film Animasi, tidak sepenuhnya mengacu bahwa genre film ini hanya untuk anak-anak, tapi bisa juga dinikmati untuk semua kalangan, karena faktor cerita yang biasanya ceria dan visualisasi colorfull yang memanjakan mata lah yang menjadi minat orang untuk menonton film animasi.

Smallfoot disutradarai oleh Karey Kirkpatrick (sebelumnya ia sebagai penulis di film Over the Hedge and Chicken Run) disini ia pun merangkap sebagi writer dibantu oleh Jason Reisig (seorang animator yang mengerjakan Troll) sebagai co-writernya. Smallfoot ini merupakan debut penyutradaraan dari Karey Kirkpatrick, yang diharapkan tidak mengecewakan nantinya. Nama-nama besar aktor dan aktris hollywood turut mengisi suara untuk tokoh-tokoh di film animasi ini, diantaranya Channing Tatum, James Corden, Zendaya, Danny DeVito, Common, Gina Rodriguez dan lainnya. 

Smallfoot menceritakan tentang seorang Yeti (makhluk seperti Gorilla) yang hidup bersama kawanannya di suatu pemukimam di bawah awan. Adalah Migo (Channing Tatum) seorang Yeti muda yang bertugas memukul gong setiap pagi untuk membangunkan penduduk desa supaya mereka segera memulai aktivitasnya di hari itu. Suatu pagi, Migo yang kurang fokus meleset ketika menabrakkan dirinya ke gong, akibatnya ia terlempar cukup jauh. Ketika ia terbangun, ia melihat sebuah pesawat jatuh dan melihat seorang manusia tengah pisan. Ia tertegun dan bingung karena makhluk di depannya sangatlah kecil, ia pun mengangkat kaki orang tersebut dan membandingkan dengan kakinya, sangatlah berbeda jauh. Ia pun menamai makhluk tersebut dengan sebutan Smallfoot (kaki kecil). Tiba-tiba sang pilot terbangun dan ia sangat kaget melihat seorang yeti di depannya, sementara itu Migo berusaha berkomunikasi dengannya. Karena takut sang pilot tersebut pun berlari sambil melambungkan parasutnya meninggalkan Migo. 

Hari-hari berikutnya, Migo pun masih sangat penasaran dengan sosok Smallfoot. Ia bercerita kepada ayahnya Dorgle (Danny DeVito) dan juga teman-temannya Meechee (Zendaya), Kolka (Gina Rodriguez), Fleem (Ely Henry), dan Gwangi (LeBron James), mereka semua tidak percaya itu, dan menganggap bahwa Migo hanya bermimpi belaka. Suatu hari Migo mengajak teman-temannya itu ke tepi tebing, ia ingin membuktikan bahwa ia telah bertemu Smallfoot secara nyata. Ia meminta tolong teman-temannya untuk membantunya turun ke negeri di bawah awan dengan cara mengikat badannya ke tali dan mengulurkannya pelan-pelan. Tetapi kegiatan mereka diketahui oleh sang kepala desa yang juga ayah Meechee yaitu sang Stonekeeper (Common) dan pengawasnya Thorp (Jimmy Tatro). Karena panik dan takut ketahuan Gwangi dan Fleem yang bertugas memegang tali pun spontan melepaskan pegangan mereka yang menyebabkan Migo terjun bebas sampai kebawah. Sesampainya di bawah, Migo pun berusaha mencari-cari kawasan permukiman penduduk. 

Akhirnya Migo menemukan sebuah pemukiman penduduk dan disinilah ia bertemu dengan pembawa acara TV satwa liar Percy (James Corden) yang mati-matian mencoba menyelamatkan kariernya dengan berpura-pura menjadi konfrontasi dengan yeti. Awalnya Percy merasa bahwa Yeti yang ada di depannya adalah temannya Brenda, karena sebelumnya mereka telah membahas acara TV yang akan menampilkan dirinya dengan kostum Yeti tersebut. Ketika mengetahui bahwa Yeti yang ada di hadapannya adalah benar makhluk Yeti dari pegunungan es, Percy pun ketakutan dan akhirnya pingsan. Karena fisik nya yang kecil, Migo pun menyangka bahwa orang ini adalah Smallfoot yang ia temui tempo dulu. Ia pun langsung membawa Percy ke tempat asalnya, ia ingin membuktikan bahwa ia tidak berbohong dan benar bertemu dengan seorang smallfoot. Dari sinilah petualangan mereka dimulai.

Smallfoot ditujukan untuk penonton dari segala usia, yang berarti itu harus cocok dalam skala massal. Ini adalah versi yang menyenangkan dari legenda bigfoot, mengajarkan kita tentang kepatuhan, dan sebagai arahan bagi kita untuk semua makhluk yang terinspirasi oleh rasa ingin tahu daripada rasa takut. Dan overall, tampilan film ini sangat menyenangkan, comedinya memiliki estetika yang akrab, dan lagu-lagunya mengingatkan pada lagu-lagu yang pernah anda dengar di film animasi yang sebelumnya juga sukses. Lirik cerita dan lirik puitis membawa kita pada perjalanan yang luar biasa,  pendekatan baru untuk mencintai, memperjuangkan rasa ingin tahu dan mendorong menempatkan diri dalam kondisi orang lain. Film ini dapat membawa kita pada eksplorasi yang menyenangkan tentang identitas, keberanian, dan juga legalisme.

back to top