Menu

Johnny English Strikes Again

Harus Nonton 1
Tidak Tertarik 0

Jika menelisik nama Johnny English tentu pikiran kita akan langsung menuju kepada seorang agent rahasia bermimik kocak yang diperankan oleh aktor komedian Rowan Atkinson (banyak juga orang yang mengingat dirinya dengan sebutan Mr. Bean, dari serial komedi TV yang dibintanginya). Kali ini sang agent kocak kembali lagi di film terbarunya bertajuk Johnny English Strikes Again, yang merupakan sequel dari serial komedi Johnny English sebelumnya yaitu Johnny English (2003), dan Johnny English Reborn (2011). Butuh waktu sekitar 7-8 tahun untuk melanjutkan setiap sequel film ini dari film sebelumnya, diharapkan untuk sequel kali ini bisa lebih baik dari film sebelumnya. 

Sudah tidak asing jika seorang agent akan ditemani oleh seorang wanita cantik yang akan menjadi partnernya atau justru berperan sebagai musuh untuk mengecoh sang agent rahasia tersebut. Jika di film pertama sang aktor dikolaborasikan dengan penyanyi Natalie Imbruglia, dan di seri kedua di kolaborasikan dengan aktris berbakat Rosamund Pike, di seri ketiga ini sang aktor Rowan Atkinson disandingan dengan aktris berdarah rusia, Olga Kurylenko. Mereka diarahkan oleh sang sutradara David Kerr yang lebih dikenal sebagai sutradara untuk TV series. Dan sequel Johnny English ini adalah merupakan debut penyutradaraan dari David Kerr di layar lebar. Karena ini film pertamanya, sebagai khalayak kita pastinya akan menilai apakah sang sutradara berhasil men-direct film ini menjadi lebih baik atau setidaknya sama dengan para sutradara yang men-direct film-film dari seri Johnny English sebelumnya.

Di film Johnny English : Strikes Again kali ini dikisahkan sang agent sudah pensiun dan mengajar anak-anak kecil di suatu sekolah di Inggris.  Karena pada dasarnya Johnny English adalah orang yang kocak, tentu saja ia pun mengajar anak-anak tersebut dengan teknik yang lucu dan penuh dengan becanda’an. Sementara itu di pusat kota Inggris, sedang ramai diperbincangkan cyber attack yang sedang melanda negara tersebut, serangan cyber itu dikabarkan dengan mudah bisa mengungkapkan identitas semua agen rahasia yang aktif menyamar di Inggris dan juga Sang Hacker dengan ponsel pintarnya dengan mudah bisa mengendalikan semua sistem yang terhubung dengan internet. Sang pemimpin Secret Service mengisyaratkan untuk memanggil kembali sang agent rahasia Johnny English, karena ialah harapan terakhir untuk bisa menemukan sang Hacker tersebut. Sebagai seorang agent dengan sedikit keterampilan dan metode analog, Johnny English harus mengatasi tantangan teknologi modern untuk membuat misi ini berhasil.

Dalam misinya kali ini, Johnny English ditemani oleh seorang asisten bernama Bough (Ben Miller) yang membantunya untuk menyelesaikan misi ini. Petualangan mereka dimulai ketika mereka harus berpura-pura menjadi pelayan restoran yang bertujuan mencuri smartphone dari salah satu pengunjung untuk mendapatkan sebuah petunjuk. Ternyata langkah selanjutnya mengharuskannya mereka menuju ke selatan Prancis untuk mengejar kapal pesiar mewah dan mencari tahu tentang sang penghuni misteriusnya (Olga Kurylenko). Sementara itu di pusat pemerintahan sang Perdana Menteri Inggris (Emma Thompson) berusaha memantapkan keamanan online dengan bantuan miliarder teknologi Amerika bernama Jason (Jake Lacey). Karena sang Perdana Menteri melihat reputasi Jason di seluruh kanal berita yang memberitakan bahwa sang miliarder juga sangat lihai untuk urusan teknologi saat ini, ia pun beranggapan bahwa sang miliarder akan bisa membantunya menyelesaikan tentang masalah cyber attack yang sedang melanda negerinya. 

Sang sutradara David Kerr menyajikan unsur comedy yang terbilang tidak baru untuk sequel Johnny English kali ini, tetapi banyak adegan yang membuat kita terpingkal-pingkal. Adegan dimana Johnny English memakai VR (Virtual Reality) sambil berkeliaran di dunia nyata bukanlah hal yang baru, tetapi Atkinson berhasil membuatnya segar dan relatif lucu. Atau gerakan tarian eksentrik yang dilakukan Atkinson yang menyerupai Moonwalk-nya Michael Jackson mampu menyihir raut muka kita untuk tertawa. Sementara untuk pemain lainnya, Ben Miller (Bough) masih menjadi salah satu karakter terbaik dalam franchise ini, kesetiaannya yang tulus kepada Johnny dan humor yang disajikan menjadi pelengkap dari segala kelucuan yang dihadirkan oleh Rowan Atkinson.

Pada akhirnya, ini adalah film Atkinson, dan sutradara David Kerr tahu itu. Dan David Kerr membiarkan pelawak itu benar-benar lepas kendali untuk menjalankan kerusuhan dengan kejenakaannya sepanjang film.  Sepanjang waktu berjalan 88 menit, nyaris tidak ada adegan drama yang serius, semuanya dibalut dengan unsur comedy yang ringan. Jika kalian suka dengan karakter Mr. Bean, maka kalian mungkin akan menyukai Johnny English Strikes Again ini.

back to top