Menu

Mouly Surya Adaptasi Novel Karya Mochtar Lubis, ‘Jalan Tak Ada Ujung’

Baru satu tahun setelah Marlina si Pembunuh dalam Empat Babak, Mouly Surya kini dikabarkan sudah mempersiapkan film terbarunya. Sebuah kabar yang cukup mengagetkan mengingat catatan sejarah sang sutradara yang biasanya butuh jeda waktu cukup lama antara satu film dengan filmnya yang selanjutnya. Kali ini, Surya akan mengadaptasi salah satu novel sastra karya Mochtar Lubis berjudul Jalan Tak Ada Ujung.

Novel terbitan tahun 1952 ini mengisahkan tentang perjuangan seorang guru sekolah dasar bernama Isa yang membantu para gerilyawan. Ini merupakan kali pertama bagi Surya menangani materi yang memiliki latar waktu yang bukan di masa kini, karena kisah yang ada dalam novel ini terjadi di era perang kemerdekaan. Saat ini, Surya dan penulis naskah Rama Adi, sedang dalam tahap pengembangan untuk mengadaptasi novel ini menjadi naskah film. Surya tak ingin terburu-buru dalam tahap penggodokan skenario ini, lantaran dirinya ingin mempelajari konteks sejarah yang terkandung dalam novel ini terlebih dahulu.

Surya menganggap bahwa novel ini mempu membuat pembacanya memiliki bayangan akan bagaimana situasi zaman perang kemerdekaan Indonesia. Dirinya ingin sekali bisa memberikan pengalaman yang serupa pada penonton melalui filmnya kelak. Ini akan jadi kali ke dua bagi Surya dan Adi, yang merupakan pasangan suami-istri, berkolaborasi dalam menulis sebuah naskah, setelah sebelumnya pernah bersama-sama menggarap Marlina si Pembunuh dalam Empat Babak.

Film yang akan berada di bawah naungan Cinesurya Pictures dan Go-Studio ini direncanakan akan tayang pada tahun 2020.

back to top