Menu

'Wiro Sableng 212' Jadi Film Indonesia Pertama yang Diproduksi Fox International Productions

Rumah produksi Lifelike Pictures bekerjasama dengan Fox International Productions (FIP0 – salah satu divisi dalam 20th Century Fox Film Corporation – siap untuk memproduksi film adaptasi dari buku legendaris, Wiro Sableng 212 (212 Warrior). Sebuah jumpa pers digelar pada hari Kamis (9/2) di Hotel J.S. Luwansa, Jakarta Selatan guna mengumumkan secara resmi kabar yang menyegarkan bagi perfilman Indonesia ini.

Wiro Sableng 212 merupakan film Indonesia pertama yang akan ditangani oleh FIP, mulai dari produksi hingga distribusinya. Sebelumnya, mereka pernah melakukan hal yang serupa untuk film produksi Korea Selatan, The Yellow Sea dan The Wailing. Rencananya, selain akan ditayangkan di Indonesia, kemungkinan besar FIP juga akan membawa film action comedy ini singgah tayang di beberapa negara lain. Presiden FIP, Tomas Jegeus, mengaku bangga dan terhormat bahwa FIP menjadi studio Hollywood pertama yang berkolaborasi dengan sineas dan rumah produksi Indonesia untuk memproduksi film yang bermuatan Indonesia asli. “Kami berharap akan lebih banyak lagi kolaborasi lainnya di masa mendatang," ujar Tomas menambahkan.

Sutradara Indonesia yang film terbarunya Bukaan 8 akan rilis di akhir bulan Februari ini, Angga Dwimas Sasongko, dipercayakan untuk mengarahkan film yang naskahnya akan ditulis oleh Sheila Timothy, Tumpal Tampubolon dan Seno Gumira Ajidarma ini. Ini merupakan kali pertama bagi Angga untuk menangani sebuah film laga. "Dengan Wiro Sableng 212 yang begitu menarik dan legendaris, saya mendapat kesempatan untuk keluar dari zona nyaman saya dengan menjelajah suatu tema dan genre film yang baru. Persiapannya untuk duduk di sini ya persiapan mental juga. Saya berada dengan orang-orang terbaik di industri," ungkap Angga.

Sedangkan, aktor yang didapuk untuk memerankan karakter legendaris Wiro Sableng kreasi Bastian Tito, tak lain adalah anak kandung dari Tito sendiri, Vino G. Bastian. Vino akan beradu akting dengan istrinya, Marsha Timothy, dan penyanyi Sherina Munaf dalam film ini. Selama masa pra produksi, mereka akan menjalani latihan martial art dengan aktor The Raid, Yayan Ruhiyan, yang disini bertindak selaku koreografer laga.

Wiro Sableng 212 diadaptasi dari buku serial silat berjudul Wiro Sableng Kapak Maut Naga Geni 212 yang terdiri dari 185 judul. Film ini dijadwalkan akan memulai tahapan produksinya pada tahun ini dan dirilis di bioskop-bioskop tanah air pada tahun 2018.