Menu

XXI Short Film Festival 2015: Lebih Besar, Lebih Meriah

‚Äč

Cinema XXI kembali menghadirkan XXI Short Film Festival yang akan menjadi tahun ketiga penyelenggaraannya pada 18 – 22 Maret di XXI Epicentrum Jakarta. XXI Short Film Festival merupakan bentuk dukungan Cinema XXI terhadap industri perfilman Indonesia, khususnya bagi para filmmaker muda Indonesia untuk menunjukkan kemampuan mereka melalui kompetisi film pendek.

Selama masa pendaftaran berlangsung mulai dari 8 September 2014 hingga 10 Desember 2014, panitia menerima 651 pendaftaran film pendek yang telah dikurasi ke dalam 3 (tiga) kategori kompetisi, yaitu 9 finalis kompetisi film pendek fiksi, 6 finalis kompetisi film pendek dokumenter, dan 8 finalis kompetisi film pendek animasi.

Film-film yang masuk ke dalam nominasi akan memperebutkan penghargaan sebagai Film Pendek Terbaik (masing-masing kategori), Film Pendek Pilihan Media (masing-masing kategori), Film Pendek Penghargaan Khusus Indonesian Motion Pictures Association (IMPAS), dan Film Pendek Favorit. Selain penghargaan, film-film pemenang akan mendapatkan hadiah uang tunai, beasiswa, dan yang paling bergengsi adalah pemutaran film-film pemenang di jaringan bioskop Cinema XXI seusai festival.

XXI Short Film Festival 2015 juga kembali menghadirkan program Pitching Forum. Sebuah program bagi para filmmaker pemula untuk mempresentasikan ide cerita film pendek mereka yang akan berkesempatan meraih pendanaan film pendek dari Cinema XXI. Sebanyak 30 tim terbaik telah dipilih untuk mengikuti workshop yang berlangsung pada pada 18-20 Januari 2015 di Club Djakarta XXI. Setelah mengikuti workshop akan dipilih 10 tim terbaik untuk presentasi di depan para juri yang terdiri dari produser-produser di APROFI (Asosiasi Produser Film Indonesia) dan panitia XXI Short Film Festival.

Dari sesi Pitching Presentation ini akan dipilih 3 project terbaik yang akan diumumkan pada Awarding Night XXI Short Film Festival pada tanggal 22 Maret 2015. Masing-masing tim akan mendapat dana produksi sebesar Rp. 10.000.000 (sepuluh juta rupiah). Rangkaian kegiatan pitching forum mulai dari workshop sampai produksi dan pasca produksi ini didukung sepenuhnya oleh SAE Institute Jakarta. Program ini telah dimulai saat XXI Short Film Festival 2014, dan ketiga tim pemenang pitching forum tahun lalu akan mendapatkan kesempatan untuk menayangkan film pendek produksi mereka secara perdana di XXI Short Film Festival 2015.

Berbagai penayangan film pendek internasional juga akan hadir dalam pelaksanaan XXI Short Film Festival 2015. Diantaranya film pendek The Phone Call yang baru saja memenangkan Best Live Action Short pada Oscar 2015. Film pendek dari dalam negeri karya sutradara senior seperti Riri Riza dan Yosep Anggi Noen yang merupakan salah satu sutradara muda berbakat juga akan ditampilkan dalam program Focus On.

Program eksklusif Official Teaser Launching film animasi panjang Indonesia Battle of Surabaya akan hadir khusus pada XXI Short Film Festival 2015. Bekerja sama dengan STMIK Amikom yang memproduseri film ini, program ini akan menghadirkan “exclusive first look” film animasi yang telah menjalani proses produksi lebih dari 2 tahun tersebut.

Para pengunjung tak hanya dapat menikmati sajian film pendek berkualitas selama perhelatan XXI Short Film Festival 2015, berbagai workshop mengenai filmmaking akan diselenggarakan selama festival berlangsung. Untuk pertama kalinya XXI Short Film Festival akan mengadakan workshop berupa sharing session dengan rumah produksi film yang telah menjajajaki industri perfilman Indonesia dalam beberapa dekade terakhir. Rumah Produksi yang akan turut hadir dalam sharing session ini diantaranya StarVision, Mizan, Maxima Pictures, dan Dapur Film milik Hanung Bramantyo.

Workshop mengenai pembuatan film pendek juga akan kembali hadir, diantaranya mengenai penulisan script oleh Robert Ronny yang akan membahas bagaimana ide dalam sebuah script dapat dituangkan dalam proses shooting. Tahun ini SAE juga akan mengadakan workshop dengan mengambil tema mengenai alur kerja proses produksi dalam pembuatan film pendek animasi.

Selain pengisi workshop dari dalam negeri, tahun ini XXI Short Film Festival akan menghadirkan pembicara dari Viddsee yang merupakan salah satu online video platform berbasis di Singapura. Viddsee merupakan sarana bagi para filmmaker untuk menayangkan film pendek mereka agar dapat disaksikan secara global oleh para pengguna internet. Workshop dari Viddsee akan membahas bagaimana marketing dan distribusi film pendek melalui online platform.

Seluruh kegiatan XXI Short Film Festival 2015 yang akan diadakan pada 18-22 Maret 2015 di Epicentrum XXI Jakarta terbuka untuk umum dan pengunjung dapat mengikuti berbagai program yang ada secara gratis.

back to top