Menu

‘Aquaman’ Resmi Jadi Film DC Extended Universe Pertama yang Menghasilkan $1 Milyar

Hanya sekitar satu bulan setelah penayangan perdananya, film teranyar dari DC Extended Universe, Aquaman, menjadi film ke-37 dalam sejarah yang berhasil memperoleh $1 milyar di box-office global. Film ini juga merupakan satu-satunya film rilisan DCEU yang mampu mencapai milestone ini.

Pencapai ini bisa dikatakan impresif mengingat Aquaman hanya menghasilkan $287,9 juta di pasar domestik Amerika Serikat, yang menjadikannya sebagai film DCEU dengan performa terburuk dalam lingkup domestik setelah Justice League. Sebagian besar dari kesuksesan Aquaman, atau $732,4 juta sisanya, diperoleh dari penonton di luar Amerika Serikat.

Namun, pekan ini Aquaman diproyeksikan memperoleh $17,3 juta di Amerika, yang membuatnya akan menyalip penghasilan Man of Steel yang berada di angka $291 juta.

Aquaman bisa saja ada di peringkat teratas diantara film-film DCEU, tapi ini bukanlah film adaptasi DC Comics pertama yang berhasil mencapai $1 milyar. Film Batman versi Christopher Nolan, The Dark Knight dan The Dark Knight Rises, berhasil turun layar dengan total penjualan tiket yang melampaui $1 milyar.

Film ini juga jadi film $1 milyar kedua dari sutradara James Wan. Sebelum Aquaman, mungkin Wan lebih dikenal berkat kontribusinya dalam genre horor. Bersama dengan partner kreatifnya, Leigh Whannell, ia menciptakan seri Saw dan Insidious. Kedua seri ini memperoleh kesuksesan luar biasa, tapi usaha penyutradaraan Wan di Furious 7 lah yang pertama kali menghantarkannya masuk ke klub filmmaker 1 milyar dollar. Film ke tujuh dalam waralaba Fast and the Furious ini total memperoleh $1,5 milyar di box-office global.

Aquaman merupakan film ke lima yang rilis pada tahun 2018 yang berhasil melampaui $1 milyar. Black Panther, Avengers: Infinity War, Jurassic World: Fallen Kingdom, dan Incredibles 2 sudah terlebih dahulu melaluinya.

back to top