Menu

Bradley Cooper dan Alfonso Cuaron Cetak Rekor dalam Sejarah BAFTA Awards

Kendati The Favourite berhasil memperoleh 12 nominasi BAFTA dan membuatnya memimpin dibanding film lainnya, namun Bradley Cooper dan Alfonso Cuaron lah yang jadi sorotan dengan rekor yang mereka cetak.

A Star is Born memperoleh tujuh nominasi, dan lima diantaranya untuk Cooper dalam lima disiplin kerja yang berbeda-beda. Ia memperoleh nominasi untuk kategori Best Film (sebagai produser), Best Director, Best Actor, Best Adapted Screenplay dan Best Original Music. Menurut BAFTA, pencapaian ini belum pernah terjadi sebelumnya dalam 72 tahun sejarah penyelenggaraannya.

Sementara itu, seolah tak mau kalah, Cuaron dinominasikan dalam enam kategori dari tujuh nominasi yang diperoleh Roma, yaitu untuk Best Film, Best Director, Best Original Screenplay, Best Cinematography, Best Editing, dan Best Film Not in English Language. Dengan penghargaan film berbahasa asing yang akan diberikan pada sutradara, artinya Cuaron juga dinominasikan untuk lima disiplin pekerjaan dalam satu film yang sama.

Rekor orang yang mendapatkan nominasi terbanyak dalam satu tahun, sebelumnya dipegang oleh George Clooney, yang pada 2005 silam menerima empat nominasi BAFTA dalam kategori Best Director, Best Supporting Actor, dan Best Screenplay untuk Good Night, and Good Luck, serta Best Supporting Actor untuk Syriana.

back to top