Menu

Marvel Studios Rilis Urutan Waktu Resmi yang Baru dari Film-Film MCU

Mengingat bagaimana Marvel Cinematic Universe telah tumbuh begitu besarnya dalam kurun waktu 10 tahun ke belakang, sungguh mengesankan bagaimana Kevin Feige dan rekan-rekannya di Marvel Studios menjaga kontiuitas cerita dari satu film ke film berikutnya dengan begitu rapi. Namun, kendati ada beberapa bolong di sana sini yang bisa diabaikan, kini ada satu celah yang merusak susunan timeline-nya: lompatan waktu delapan tahun di Spider-Man: Homecoming yang membuat kisah petualangan Peter Parker berjarak hampir satu dekade dari kejadian invasi Chitauri di The Avengers.

Untuk menjawab kebingungan fans (sekaligus menyamakan persepsi, walaupun agak maksa), Marvel Studios telah merilis timeline resmi MCU, yang menjustifikasi lompatan waktu yang dilakukan Spider-Man. Seperti yang tercantum dalam buku Marvel Studios: The First 10 Years, Homecoming secara resmi berlatarkan tahun 2016 – atau hanya empat tahun setelah Avengers yang berlatarkan tahun 2012. Jadi, pada dasarnya, mereka mengakui bahwa rentang delapan tahun tidak lah masuk akal, jadi penonton diharap untuk mengabaikannya saja tiap kali menonton ulang Homecoming. Selain itu, dalam timeline yang baru ini, Iron Man diletakkan di tahun 2010 (dua tahun mundur dari tahun perilisannya di tahun 2008), yang membuatnya lebih dekat dengan Iron Man 2 yang berlatarkan tahun 2011. Doctor Strange kini menempati rentang waktu antara 2016 dan 2017, alias mundur satu tahun dari yang sebelumnya dikisahkan.

Untuk lebih jelasnya, inilah breakdown tahun per tahunnya:

1943-45: Captain America: The First Avenger

2010: Iron Man

2011: Iron Man 2, The Incredible Hulk, Thor

2012: The Avengers, Iron Man 3

2013: Thor: The Dark World

2014: Captain America: The Winter Soldier, Guardians of the Galaxy Vol. 1 dan Vol. 2

2015: Avengers: Age Of Ultron, Ant-Man

2016: Captain America: Civil War, Spider-Man: Homecoming

2016 - 2017: Doctor Strange

2017: Black Panther, Thor: Ragnarok, Avengers: Infinity War

Masih ada sedikit kejanggalan di timeline yang baru ini. Civil War diputuskan untuk tetap berada di tahun 2016, dengan Black Panther yang kini di tahun 2017. Di film solonya, T’Challa diceritakan masih sekitar seminggu menyandang status sebagai Raja di Wakanda. Padahal, seperti kita ketahui, awalan Black Panther dimaksudkan sebagai lanjutan langsung dari ending Civil War. Atau mungkin, kalau mau mempermudah mencernanya, anggap saja Civil War terjadi di hari Natal, dan Black Panther mulai di Tahun Baru, sehingga timeline-nya memang berdempetan. Atau mungkin lagi, urusan timeline ini memang begitu susahnya untuk disatukan sehingga kita sebagai fans seharusya bersyukur saja bahwa timeline X-Men yang tak kalah ruwetnya itu belum dimasukkan ke dalam timeline MCU.

back to top