Menu

Remake ‘Dune’ Arahan Denis Villeneuve akan Dibagi Jadi Dua Bagian

Ada beragam kemungkinan alasan dibalik kenapa performa Blade Runner 2049 di tangga box-office tidak semenggembirakan yang diharapkan oleh semua pihak yang terlibat di dalamnya. Salah satunya, bisa jadi karena durasi filmnya yang teramat panjang dan hampir menyentuh tiga jam. Tapi tampaknya hal itu tidak mempengaruhi sang sutradara Denis Villeneuve. Sineas ini memberikan sedikit bocoran tentang proyek terbarunya, karya buat ulang dari Dune, dan sepertinya film ini pun juga akan jadi sebuah film sci-fi epik yang tak kalah panjang dari Blade Runner 2049.

Dalam acara Rendez-Vous du Cinéma Québécois selama Festival Film Montreal, Villeneuve sekilas menyinggung tentang film yang diangkat dari novel karya Frank Herbert ini, dan mengatakan: “Kemungkinan akan membutuhkan waktu dua tahun untuk membuat Dune. Tujuannya adalah untuk membuat dua film, atau bahkan malah lebih.”

Jadi sudah bisa dipastikan bahwa kita akan mendapatkan lebih dari satu film Dune dari Villeneuve – meskipun masih belum jelas apakah versi ini hanya akan mengadaptasi dari buku pertama Herbert, atau keseluruhan saga. Kisah novel ini terkenal sangat padat dan sukar untuk diadaptasi – David Lynch membenci versinya buatannya yang rilis tahun 1984 dan dibintangi oleh Kyle MacLachlan dan Sting, sementara sineas macam Ridley Scott dan Alejandro Jodorowsky sempat mencoba namun akhirnya gagal membawa kisah ini ke layar lebar. Menariknya, Scott – yang intens bekerja dengan Villeneuve dalam Blade Runner 2049 – awalnya juga berencana untuk memecah novel ini jadi dua untuk ia adaptasi.

Untuk saat ini, proyek ini masih memasuki tahap awal pra produksi. Namun akan menarik menyaksikan bagaimana Villeneuve tidak akan membiarkan komentar negatif tentang Blade Runner 2049 mempengaruhi kecenderungannya untuk mengolah genre sci-fi menjadi cerita yang kompleks dan panjang.

back to top