Menu

Colin Trevorrow Hengkang dari ‘Star Wars: Episode IX’

Lagi, sutradara meninggalkan galaxy far, far away. Tapi paling tidak, kali ini, kejadian hengkangnya sutradara ini terjadi sebelum proses shooting dimulai. Setelah duo Phil Lord dan Christopher Miller keluar dari film Han Solo, kini giliran Colin Trevorrow yang turun dari tugasnya sebagai sutradara Star Wars: Episode IX.

Dalam sebuah pernyataan yang dirilis oleh Lucasfilm, kabar ini disampaikan dengan cara yang cenderung sopan dan ridak spesifik. “Lucasfilm dan Colin Trevorrow secara mufakat memutuskan untuk memilih berpisah dalam Star Wars: Episode IX. Colin telah menjadi kolaborator yang amat baik selama proses pengembangan, tapi pada akhirnya, kami menyimpulkan bahwa visi kami untuk proyek ini berbeda. Kami mendoakan yang terbaik bagi Colin dan segera akan kami bagikan informasi lebih lanjut terkait film ini.”

Memang sudah ada sedikit keraguan yang muncul semenjak film Trevorrow yang terbaru, The Book of Henry, dirilis dan gagal mendatangkan audiens ke bioskop. Kendati pengalamannya sebagai penulis sekaligus sutradara Jurassic World, naskah untuk Star Wars: Episode IX memang hingga kini masih tampak belum menemukan titik pijakan yang kuat. Terakhir, dikabarkan bahwa Jack Thorne turut diajak untuk ikut meracik draft naskah ini. Meskipun dalam sebuah podcast bersama dengan majalah Empire Trevorrow sempat meyakinkan bahwa proyek ini berjalan lancar dan baik-baik saja, sebuah laporan menyebutkan bahwa hubungan kerja antara Trevorrow dan produser utama Star Wars, Kathleen Kennedy, sudah tidak bisa dipertahankan lagi.

Kendati instalmen Star Wars yang baru berhasil mengecap kesuksesan, namun di balik layar, banyak terjadi goncangan dan tidak selalu berjalan lancar. Semoga saja Episode IX akan segera menemukan sutradara yang baru dan bisa melanjutkan proses pembuatannya. Sementara itu, Star Wars: The Last Jedi sudah siap untuk tayang di akhir tahun ini.