Menu

Aktor Legendaris John Hurt Tutup Usia

Aktor legendaris Sir John Hurt meninggal dunia, kurang dari satu minggu setelah ulang tahunnya yang ke-77. Aktor yang telah melahirkan banyak karya, baik di panggung teater maupun layar lebar ini, menderita penyakit kanker pankreas yang sebelumnya membuatnya batal tampil dalam teater produksi Kenneth Branagh, The Entertainer. Dalam enam dekade perjalanan kariernya, ia telah memainkan hampir 130 peran. Kontribusinya yang besar untuk sinema, telah membawanya memperoleh gelar keksatriaan dari kerajaan Inggris, empat piala BAFTA, sebuah Golden Globes, dan dua nominasi Oscar.

Lahir pada 22 Januari 1940 di Derbyshire, Hurt mengenyam pendidikan di sekolah drama RADA, dan tak lama, memperoleh banyak tawaran untuk memainkan peran penting dalam film dan televisi Inggris di dekade 60an dan 70an. Beberapa yang paling terkenal, adalah dalam 10 Rillington Place, miniseri BBC I, Claudius, dan The Naked Civil Servant yang membuaT Hurt memenangkan BAFTA pertamanya, di usia 35.

Ia mulai dikenal oleh publik internasional mulai tahun 1978 melalui film arahan Alan Parker, Midnight Express, yang memenangkannya piala Golden Globes dan nominasi Academy Award. Namun peran ikonis pertamanya baru datang pada tahun 1979, dalam film horor sci-fi legendaris buatan Ridley Scott, Alien. Terutama dalam sebuah scene mengejutkan yang menampilkan bayi alien yang menyeruak keluar dari dada Hurt.

Peran ikonis lainnya mengikuti di tahun 1980, yaitu dalam The Elephant Man milik David Lynch, dimana Hurt memerankan John Merrick yang mengidap sebuah penyakit langka. Peran ini menghantarkannya pada BAFTA ketiganya dan sebuah nominasi Academy Award untuk Best Actor. Untuk generasi yang lebih muda, ia paling dikenal melalui perannya sebagai Mr. Ollivander, pembuat tongkat sihir di Diagon Alley dalam film seri Harry Potter. Ia juga dikenal sebagai War Doctor dalam Doctor Who, memainkan penjelajah waktu terkenal dalam tiga episode spesial yang menandai ulang tahun ke-50 serial tersebut.

Kendati kondisi kesehatan kian menurun, ia tetap produktif berkarya. Ia masih memiliki empat judul film yang akan rilis di tanah kelahirannya Inggris. Termasuk film nominasi Oscar 2017, Jackie; film adaptasi pementasan panggung That Good Night; dan berperan sebagai Neville Chamberlain bersama dengan Gary Oldman sebagai Winston Churchill dalam Darkest Hour.

back to top