Menu

‘Finding Dory’ Diperkirakan akan Cetak Rekor Baru untuk Pixar

2016 nampaknya menjadi tahun yang membawa banyak hoki bagi Walt Disney Studios, dan bahkan summer pun baru dimulai. Di awal tahun, studio ini telah membuat rekor baru sebagai studio dengan film yang berhasil meraup pendapatan $1 milyar tercepat di pasar domestik, berkat kesuksesan luar biasa yang diraih film-film macam Zootopia, The Jungle Book, dan Captain America: Civil War. Bahkan, walaupun Alice Through the Looking Glass tidak mendapatkan sambutan seperti yang diharapkan, rumah Mickey Mouse ini pun masih memiliki beberapa aset lagi yang berpotensi menggemukkan pundi-pundi uang mereka. Dan salah satunya, diperkirakan akan hadir dengan pendapatan angka yang fantastis di akhir bulan ini.

Pixar akan merilis Finding Dory pada 17 Juni mendatang. Film ini menjadi salah satu film yang paling diantisipasi, mengikuti film smash tahun 2003, Finding Nemo, yang kini sudah mendapatkan reputasi sebagai film animasi modern klasik. Bila dilihat dari sejarah Pixar sejak kemunculan Toy Story pertama di tahun 1995, mereka sudah dikenal mampu memproduksi banyak film yang sukses secara komersial secara beruntun, dan Dory nampaknya tidak akan jadi pengecualian. Dan faktanya, bahkan sekuel ini diperkirakan akan mampu mencetak rekor baru sebagai film dengan opening weekend terbesar sepanjang masa bagi Pixar.

Seperti yang dilaporkan oleh Variety, Finding Dory diproyeksikan akan meraup pendapatan antara $115 – 120 juta dalam tiga hari pertama penayangannya di pasar domestik. Angka tersebut melebihi Toy Story 3 dengan $110,3 juta di tahun 2010 silam. Tak hanya terbantu berkat popularitas yang besar dari film pertamanya, Finding Dory juga akan diuntungkan dengan adanya 3D, yang belum digunakan oleh predesesornya saat tayang di bioskop dulu (Finding Nemo kemudian dirilis ulang dalam format 3D di tahun 2012). Sebagai tambahan, film teranyar Pixar ini juga akan diuntungkan dengan sedikitnya film pesaing yang sama-sama memiliki target penonton keluarga, terutama setelah Teenage Mutant Ninja Turtles: Out of the Shadows yang pada akhir pekan lalu memperoleh pendapatan dibawah angka yang didapatkan film pertamanya.

Finding Dory memang muncul di waktu yang sempurna bagi pasar. Menurut Variety, pendapatan selama musim summer box office tahun ini turun 15 persen dari tahun 2015. Captain America: Civil War menjadi film pertama yang meraup $1 milyar di tahun ini, sementara beberapa judul lainnya tak seberuntung itu. Salah satu penyebabnya adalah karena beberap film besar dengan pendapatan fantastis sudah dirilis sebelum summer (Deadpool, Batman v Superman, The Jungle Book), sedangkan film-film high-profile lainnya seperti X-Men: Apocalypse dan TMNT: Out of the Shadow ternyata tidak semenguntungkan seperti yang diperkirakan sebelumnya. Artinya, ada semacam kekosongan di bisnis bioskop saat ini yang kemungkinan akan dengan mudah diisi oleh Finding Dory saat film ini rilis kelak.

Ini tentu juga akan menjadi sebuah pelipur lara bagi Pixar, yang tahun lalu harus mengalami sebuah kekecewaan yang jarang terjadi bagi mereka, ketika The Good Dinosaur hanya mampu memperoleh keuntungan sebesar $123 juta dari penayangannya di Amerika, dan menjadi film pertama dalam sejarah Pixar yang tidak berhasil secara komersial. Bukannya Pixar bermasalah untuk menciptakan film dengan konsep film yang original (lihat Inside Out), hanya saja, menampilkan kembali salah satu karakter yang paling dicintai dari film sebelumnya tentu saja akan menyedot fans lama dan penonton baru kembali ke bioskop. Dory sendiri merupakan salah satu ciptaan Pixar yang paling ikonis, dan berhasil membuat jutaan orang jatuh cinta padanya sejak kemunculannya di Finding Nemo. Menempatkannya sebagai sorotan utama tentu akan menjual banyak tiket.

Pada akhirnya, hanya waktu yang akan membuktikan apakah film ini mempu menyamai standar Pixar yang tinggi dari perspektif critical, meskipun, secara teori, dari segi komersial sudah hampir bisa dipastikan kalau Finding Dory akan menambah daftar panjang film-film Pixar yang berhasil jadi hit. Presentasi Finding Dory yang dilakukan di CinemaCon tahun ini diterima dengan sambutan hangat, dan bila dilihat dari trailer-nya, nampaknya film ini akan penuh dengan humor dan momen-momen menghangatkan khas Pixar.

back to top